Selasa, 09 April 2019


Ketahuilah 4 Perbedaan Sepeda Gunung dan Sepeda Biasa

Apakah Anda senang atau hobi mengendarai sepeda? Sepeda merupakan salah satu hobi yang banyak ditekuni oleh banyak orang saat ini. Tidak hanya karena mengasyikkan untuk dilakukan, tetapi mengendarai sepeda juga menjadi salah satu kegiatan berolahraga yang cukup menyenangkan dan tidak membebani. Tetapi tahukah Anda bahwa jenis sepeda saat ini ternyata bukan hanya satu jenis saja. Terdapat jenis sepeda gunung dimana jenisnya ini disesuaikan dengan medan yang akan dilalui nanti.

Perbedaan Sepeda Gunung dan Sepeda Biasa

Beberapa Anda yang baru memulai hobi berolahraga sepeda, mungkin baru mengetahui terdapat jenis sepeda yang tidak hanya berupa sepeda biasa. Bagi Anda yang penasaran mengenai perbedaan dari jenis sepeda yaitu perbedaan dari Mountain Bike dan sepeda biasa, maka perlu bagi Anda menyimak penjelasan di bawah ini yang akan menjelaskan perbedaan dari keduanya.

1.      Medan yang Dilalui

Bagi Anda yang ingin membeli sepeda untuk digunakan di jalan raya atau hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka Mountain Bike bukanlah pilihan tepat untuk Anda beli. Hal ini karena Mountain Bike ini dirancang khusus untuk menjajal daerah pegunungan khususnya untuk menuruni bukit. Mountain Bike ini akan sangat nyaman digunakan jika Anda bersepeda di bukit atau pegunungan.

Mountain Bike atau yang sering disebut MTB (Mountain Bike) ini tidak hanya cocok untuk digunakan di medan pegunungan atau daerah berbukit. Sepeda jenis ini juga sangat cocok untuk digunakan pada medan yang berat seperti di daerah yang berbatu maupun berlumpur. Lain halnya jika Anda menggunakan sepeda ini di jalan raya, maka saat mengenakan sepeda jenis ini tidak akan merasa nyaman.

2.      Bentuk Ban

Perbedaan mendasar yang membuat Mountain Bike berbeda saat digunakan di medan jalan raya adalah dikarenakan bentuk ban yang dimilikinya. Bentuk ban dari Mountain Bike ini berbeda dengan sepeda biasa. Bentuk ban dari sepeda gunung memiliki dimensi yang lebih lebar dan ban yang digunakan juga akan terlihat bergerigi. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Mountain Bike ini pada medan yang tidak seharusnya akan memberikan sensasi berbeda.

3.      Kecepatan Gear Sepeda

Perbedaan dari Mountain Bike dan sepeda biasa juga dapat dilihat dari segi gearnya. Kecepatan gear pada Mountain Bike yaitu berkisar 18 hingga 30. Kecepatannya ini didesain agar pengendara dapat dengan nyaman menggunakan sepeda ini walaupun berada pada medan yang terjal seperti di pengunungan, bebatuan, maupun di daerah berlumpur. Jadi, jika Anda ingin bersepeda di daerah terjal, maka gunakanlah mountain bike bukannya sepeda biasa.

4.      Material Sepeda yang Digunakan

Jika Anda memperhatikan lebih detail antara mountain bike dan sepeda biasa, maka Anda dapat melihat perbedaan jelasnya dari segi material. Material yang digunakan pada sepeda biasa biasanya memiliki bahan yang kuat dan cukup berat seperti besi.
Tetapi lain halnya dengan mountain bike yang menggunakan bahan yang ringan tetapi tetap kuat seperti: aluminium, carbon, titanum, dan lain-lain. Hal ini akan membuat mountain bike akan lebih mudah dibawa saat bepergian ke pegunungan.
Itulah beberapa perbedaan sepeda gunung dan sepeda biasa yang perlu Anda ketahui. Banyak orang yang mungkin masih bingung dan sulit membedakan keduanya sehingga membeli jenis sepeda tidak sesuai dengan medan yang akan dilaluinya. Hal ini tentunya akan berdampak pada ketidaknyamanan saat digunakan berkendara.

Blongnya Okamo . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates