Senin, 08 Juli 2019

5 Tips Memilih Sandal yang Nyaman dan Aman untuk Alas Kaki Anda

Memakai alas kaki yang aman dan nyaman adalah suatu keharusan. Alas kaki yang aman dan nyaman akan membuat aktivitas kita berjalan lancar. Selain sepatu, sandal juga menjadi alas kaki andalan dalam menjalani berbagai kegiatan. Pada umumnya, sandal Birkenstock digunakan untuk acara-acara yang santai, seperti di lingkungan sekitar rumah atau pada saat liburan di pantai dan sekitarnya.

Meskipun sandal banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan santai, bukan berarti Anda mengabaikan keamanan serta kenyamanannya. Memilih sandal berkualitas baik adalah suatu hal penting demi mendukung segala aktivitas yang Anda lakukan.

Tips Memilih Sandal yang Nyaman dan Aman

Sandal merupakan alas kaki favorit masyarakat Indonesia. Sandal mudah dan praktis untuk digunakan di berbagai tempat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan sandal bisa memberikan resiko tersendiri mengingat sebagian besar kaki berada dalam posisi terbuka sehingga mudah terpapar debu, kotoran, hingga terkena benda keras yang tentu bisa menyebabkan luka.

Demi menghindari luka atau bahkan iritasi akibat dari penggunaan sandal, ada baiknya Anda memperhatikan tips memilih dan memakai sandal yang baik, aman, dan nyaman seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

  1. Jangan Memilih Sandal dengan Permukaan Datar
Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih sandal adalah permukaannya. Jangan memilih yang terlalu datar dan pilihlah yang memiliki bagian tengah lebih tebal agar bisa menjadi bantalan penopang telapak kaki dengan baik. Sandal Birkenstock ini biasanya akan lebih nyaman untuk digunakan.

  1. Perhatikan Ukuran
Dalam memilih sandal, Anda tidak boleh mengabaikan ukuran. Jika salah ukuran, Anda akan merasa pegal saat memakainya. Selain itu, ukuran yang tidak sesuai akan membuat sandal mudah rusak. Sebaliknya, jika Anda memilih sandal dengan ukuran yang lebih besar akan membuatnya mudah lepas sehingga kaki mudah cedera. Pilihlah ukuran yang tepat dan sesuai dengan ukuran kaki.

Ingat, peraturan yang harus diperhatikan dalam memilih sandal adalah panjang kaki tidak boleh melebihi sol sandal dan kaki tidak menggantung di bagian depan, samping, dan belakang. Pada bagian jempol kaki, pastikan untuk mendapat ruang yang cukup lebar. Pilihlah sandal dengan tali jepitan yang nyaman di kaki, tidak terlalu ketat ataupun longgar.

  1. Jangan Memilih Sandal yang Tipis
Cobalah untuk mengecek kelenturan sandal sebelum membelinya. Jika sandal bisa dengan mudah ditekuk menjadi dua, maka besar kemungkinan sandal tersebut kurang nyaman untuk dipakai. Namun, pastikan juga bahwa sandal tersebut tidak terlalu tipis dan keras karena hal ini akan membuat kaki mudah capek saat berjalan.

  1. Perhatikan Kualitas Bahan Sandal
Bahan yang berkualitas akan sangat menentukan keamanan serta kenyamanan sandal. Untuk kegiatan-kegiatan santai, pilihlah sandal dengan bahan kulit atau kain, sementara sandal dengan bahan nilon, karet atau poliuretan sangat cocok untuk kegiatan yang berhubungan dengan air.

Penggunaan bahan kulit pada sandal Birkenstock akan menghasilkan kualitas yang kuat, sedangkan untuk penggunaan bahan kain pada sandal akan menghasilkan sentuhan yang lembut pada kulit kaki. Penggunaan bahan nilon, karet dan poliuretan akan membuat sandal tidak mudah selip dan kering jika terkena air sehingga meminimalkan risiko terkena jamur dan kutu air.  

  1. Segera Ganti Sandal Jepit yang Alasnya Sudah Tipis
Meskipun masih nyaman untuk digunakan, ada baiknya Anda mengganti sandal yang alasnya sudah tipis karena bisa saja saja licin dan membuat Anda mudah terjatuh. Hal ini tentu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan cedera.


Nah, demikianlah beberapa tips dalam memilih sandal Birkenstock untuk kenyamanan dan keamanan kaki Anda. Menggunakan sandal memang sangat nyaman sekali karena lebih terbuka, namun bukan berarti Anda tidak mematuhi peraturan penggunaan sandal dalam dunia kesehatan. Peraturan tersebut dibuat demi mencegah terjadinya cedera atau terjangkitnya penyakit pada kaki Anda.

Blongnya Okamo . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates