Jumat, 13 September 2019

Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan dalam Mencari Rumah

Bagi anda yang hendak tinggal di Jakarta Selatan serta akan mencari rumah dijual di jakarta selatan baik baru ataupun bekas, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri yang akan ana temui. Karena selain tentang ada atau tidaknya ketersediaan, tipe hunian yang menurut anda cocok juga menjadi salah satu bahan pertimbangan.

Hunian yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda dapat dikatakan sebagai hunian yang cocok, terlebih mendukung aktivitas sampai pada status anda saat ini. Untuk lebih jelasnya, dapat anda simak artikel berikut sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah.

Membeli Rumah Bekas atau Rumah Baru?

Sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah baik bekas ataupun baru, maka anda harus mencermati kondisi fisik dari rumah tersebut, apabila usia bangunannya telah begitu tua, maka jangan cepat percaya terhadap pihak ketiga, hal ini dikarenakan yang akan tinggal di rumah tersebut nantinya adalah anda sendiri.

Apabila anda memutuskan untuk membeli rumah bekas, tentu anda tidak dapat sembarang memilih. Hal tersebut dikarenakan memang terdapat banyak sekali pilihan rumah bekas yang dijual. 

Apabila keputusan anda telah matang untuk membeli rumah seken atau bekas, maka akan sangat disarankan untuk lebih teliti dalam memeriksa kondisi serta legalitas rumah tersebut. Kecermatan anda dalam memilih kondisi fisik rumah yang masih bagus sangat ditekankan.
Dengan melakukan pengecekan sendiri, maka anda tentu akan lebih mampu mengambil keputusan yang lebih mantap.

Panduan Dalam Membeli Rumah Bekas

1. Cek Kembali Kondisi Fisik Rumah

Kondisi fisik dari sebuah rumah yang ditawarkan, tentu sangat berpengaruh pada harga rumah tersebut. Bahkan apabila dirasa memang tidak layak, akan lebih baik untuk anda mengurungkan niat membelinya. Kecuali apabila sang penjual dapat memberikan potongan harga sesuai dengan biaya renovasi.

Untuk menentukan baik tidaknya kondisi rumah yang akan anda beli, maka sebaiknya anda mengajak orang yang memiliki keahlian dalam bidang properti untuk mengecek kondisi fisik rumah tersebut.

2. Jangan Mudah Tergiur dengan Tampilan Luar Rumah

Ketika hendak membeli rumah, maka jangan sampai anda terkena rayuan dari promo penjual. Banyaknya agen penjual rumah seperti jual rumah jakarta selatan. Akan lebih baik apabila anda cermat dalam memeriksa kondisi rumah tersebut yang tidak disampaikan oleh penjual. Untuk membantu anda dalam menentukan kelayakan bangunan, maka anda dapat mengajak teman anda yang lebih mengerti akan properti.

3. Periksa Usia Efektif Bangunan

Usia efektif dari sebuah rumah tidak dapat dilihat hanya dari sejak kapan rumah tersebut terakhir dibangun, akan tetapi kapan terakhir rumah tersebut direnovasi. Anda juga harus memperhatikan pula apakah renovasi yang dilakukan hanya luarnya saja atau seluruhnya.

Hal tersebut sangat penting untuk anda ketahui karena sangat berpengaruh pada keselamatan penghuni rumah. Pastinya anda tidak ingin tinggal dalam sebuah rumah yang hanya terlihat mewah akan tetapi tidak memperbarui ketahanan dari rumah tersebut.

4. Perhatikan Tampilan Rumah

Hal selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah ventilasi serta sirkulasi udara dalam rumah tersebut. Salah satu faktor pentingnya yaitu terdapat pencahayaan yang cukup, apabila rumah yang hendak anda beli memanfaatkan banyak cahaya matahari sebagai sumber cahaya, maka anda dapat menghemat biaya listrik.

Selain itu apabila sirkulasi udara dalam rumah tersebut kurang baik, tentu dapat membuat rumah tersebut cepat lembab dan mudah terkena serangan rayap serta jamur.

5. Pastikan Sumber Airnya

Sumber air bersih dalam kebutuhan rumah tangga memang tidak perlu untuk diragukan lagi, sehingga faktor tersebut menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan ketika memeriksa keadaan suatu rumah.

6. Cek Kondisi Kelistrikan

Selain air, fasilitas lain yang perlu anda pastikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah adalah tersedianya daya listrik yang baik serta memiliki fungsi yang baik juga. Apabila meteran listrik rusak, bisa jadi anda harus membayar denda yang tidak murah. Hal tersebut juga berlaku untuk sambungan telepon.

7. Periksa Aspek Non Fisik

Setelah kondisi fisik di rasa telah aman, maka anda juga perlu memeriksa kondisi nonfisiknya, seperti legalitas rumah tersebut, fasilitas pembiayaan, serta harga rumah yang perlu disetujui dengan penjual.

8. Periksa Legalitasnya

Kelengkapan surat yang perlu diperiksa seperti surat izin mendirikan bangunan atau IMB serta sertifikat kepemilikan maupun sertifikat hak atas tanah. Apabila status rumah sedang dalam status sengketa, akan lebih baik untuk anda terlebih dulu menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum anda memutuskan untuk membelinya supaya terhindar dari masalah.

9. Bandingkan Harga

Selanjutnya anda dapat membandingkan harga rumah setelah status hukum dirasa sudah jelas. Apabila anda tidak menemukan harga yang cocok, maka anda dapat menyesuaikan biaya pada data perbandingan harga rumah yang telah anda kumpulkan.

10. Pilih Broker Terbaik

Apabila anda memanfaatkan jasa broker dalam proses membeli rumah, maka jangan ragu untuk memilih broker yang bersertifikat. 

11. Tanyakan Fasilitas Pembiayaan yang Ada

Pertimbangan terakhir sebelum anda memutuskan untuk membeli rumah, anda dapat melakukan pengecekan apakah pembelian rumah tersebut bisa dilakukan melalui KPR. Sehingga, anda memiliki kesempatan untuk meminta pihak bank melakukan penilaian nilai properti dengan benar serta bisa menjadi patokan untuk anda menawar harga rumah yang sesuai.

Setelah harga dirasa telah sesuai, maka anda juga harus melihat terlebih dahulu review yang ada secara objektif serta transparan. Sehingga anda bisa menilai spesifikasi material hunian, infrastruktur pada sekitar lokasi, rencana pembangunan, dan perbandingan harga dengan rumah lain di sekitarnya.

Blongnya Okamo . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates