Jumat, 06 Desember 2019


3 Tips Dasar Memilih Asuransi Jiwa Bagi Pemula

Bagi Anda pemula yang ingin berasuransi jiwa, setidaknya harus mengetahui tips memilih asuransi jiwa yang akan diuraikan pada tulisan ini. Kesadaran akan pentingnya berasuransi pun bertambah seiring dengan berkembangnya zaman. Asuransi jiwa akan membantu melindungi finansial Anda ketika menghadapi kemalangan kesehatan.

Memilih Asuransi Jiwa

Memilih asuransi yang tepat sangat penting agar yang menjadi kebutuhan dan tujuan Anda dapat tercapai. Pada dasarnya, semua produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah tips memilih asuransi yang sebaiknya Anda ketahui.

1.      Mengenal Produk Asuransi

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengenali produk-produk asuransi jiwa. Di Indonesia terdapat empat jenis yaitu asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, dwiguna, dan unit link. Asuransi jiwa berjangka memberikan perlindungan kepada Anda pada jangka waktu 5-20 tahun dengan premi yang tetap.

Sedangkan asuransi jiwa seumur hidup akan memberikan perlindungan seumur hidup atau sampai usia 100 tahun dengan premi lebih besar daripada asuransi jiwa berjangka. Asuransi dwiguna adalah gabungan dari asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Jika tertanggung meninggal, uang pertanggungan akan diberikan.

Selain itu, Anda dapat menarik polis dalam jangka waktu yang telah tertentu sebelum kontrak selesai. Terakhir, asuransi unit link menawarkan asuransi dan investasi. Oleh karena itu, premi yang harus dibayar lebih mahal.

2.      Pastikan Berlisensi AAJI

Setelah mengetahui produk asuransi apa yang akan Anda ambil, pastikan bahwa produk tersebut remi. Asuransi jiwa yang resmi akan terdaftar dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Hal tersebut penting karena agen resmi akan lebih bertanggung jawab terhadap produk yang ditawarkannya.

3.      Tentukan Kebutuhan

Setelah mengetahui produk asuransi dan memastikannya sudah terdaftar AAJI, tentukanlah produk apa yang Anda butuhkan. Kebutuhan juga sebaiknya diimbangi dengan kemampuan finansial Anda. Dengan demikian, kebutuhan asuransi tetap terpenuhi tanpa mengganggu keperluan lainnya.

Demikian tips memilih asuransi jiwa bagi pemula. Mempertimbangkan secara cermat sebelum berasuransi sangat penting agar tidak salah langkah dan Anda mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan.

Semoga informasi di atas membantu ya!


Blongnya Okamo . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates