Kamis, 04 Juni 2020


Tips Menghitung Kebutuhan Sewa Genset

Saat Anda membutuhkan cadangan listrik tambahan pada penyelenggaraan acara besar, maka memperkirakan kebutuhan tambahan daya listrik sangatlah penting. Pasalnya, genset yang disediakan oleh jasa sewa genset untuk event biasanya terbagi menjadi beberapa jenis, yakni kapasitas sedang, besar ataupun kecil. Agar tidak sampai salah menyewa genset, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti di bawah ini.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Menghitung Sewa Genset

Apabila Anda menyewa genset kapasitas kecil agar lebih murah padahal kebutuhan listrik tinggi, maka dipastikan genset justru mati karena overload alias kelebihan beban. Sebaliknya, apabila Anda sewa genset untuk sebuah event yang kapasitasnya terlalu besar maka hal ini tentu saja pemborosan biaya. Berikut adalah faktor dalam menghitung kebutuhan sewa genset yang tepat.

1. Lokasi Event

Anda harus mempertimbangkan lokasi tempat diselenggarakannya event. Misalnya saja untuk lokasi event yang berada di pusat perkotaan biasanya akan memiliki aliran listrik konvensional dari PLN yang memadai. Apabila event diselenggarakan di lokasi seperti ini maka biasanya kebutuhan sewa genset tidak terlalu besar.

Sementara jika event diselenggarakan di lokasi yang sedikit terpelosok, biasanya membutuhkan genset dengan daya lebih besar. Pasalnya lokasi terpelosok cukup sulit mendapat aliran listrik dari PLN. Namun Anda juga harus mempertimbangkan akses menuju lokasi dan apakah memungkinkan membawa genset berukuran besar.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Daya Listrik

Hitung terlebih dahulu kekurangan daya listrik yang membutuhkan back up daya dari genset. Cara untuk menghitungnya cukup mudah yakni dengan menjumlahkan total konsumsi listrik dari peralatan listrik mulai dari barang elektronik, pengeras suara, alat musik (pada event konser), LCD dan sebagainya. Perhitungan bisa juga dengan mempertimbangkan apabila aliran listrik PLN padam sehingga listrik hanya tergantung sepenuhnya dari genset.

Selanjutnya lihat efisiensi genset. Pasalnya, genset pada umumnya hanya memiliki power faktor atau efisiensi mencapai 80% saja. Untuk menghitung berapa besaran daya yang bisa dipasok dari genset, maka gunakan rumus: kW = kVA x Power Factor sehingga didapat daya sesungguhnya yang bisa dipasok genset.

Sewatama telah sejak puluhan tahun bergerak di industri penyewaan genset kapasitas sedang hingga besar. Informasi lebih lanjut bisa dicek melalui website resmi https://sewatama.com/id/


Blongnya Okamo . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates